Pelatihan Peta Desa

Bp.Muslih sedang melakukan sambutan

Kamis 8 Agustus 2019 Puspindes adakan pelatihan peta Desa (Lanjutan) bertempat di ruang rapat UPK PNPM Kec.Randudongkal, acara yang di buka oleh Bp.Muslih sebagai Kasi PMD kecamatan Randudongkal. pelatihan diharapkan dapat menunjang keterampilan perangkat maupun KPMD IT desa, pada pelatihan kali ini adalah pelatihan pemetaan desa sebagai penunjang pembangunan desa.

proses instalasi software QGIS

Pada sesi pertama yaitu pengenalan software QGIS, kegunaan, fungsi dan benefitnya. software ini yang nantinya digunakan untuk mengolah data dan menjadikannya sebuah tampilan peta di desktop, setelah itu dilakukan proses instalasi software QGIS ke masing-masing laptop peserta agar nanti bisa langsung praktek.

Setelah mengetahui dan memahami fungsi dari QGIS dan Proses instalasi selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan proses digitasi. pada proses ini dibutuhkan ketelitian dan kesabaran agar hasil digitasi batas desa agar hasil yang didapatkan maksimal.

metode yang dilakukan dalam pembuatan peta desa ini menggunakan metode partisipatif dimana ada seorang operator yang membuat garis batas (digitasi) kemudian 1 atau beberapa orang yang paham dengan batas desa memandu dari layer viewer garis batas masing-masing desa

“Fungsi peta desa sendiri selain mengetahui batas wilayah sebuah desa juga dapat mengkaji potensi yang dimiliki oleh desa tersebut”, sehingga peta dapat menjadi bahan perencanaan Pembangunan di Desa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *